Biologi : Pengertian, Fungsi, Ciri, Cabang

A. PENGERTIAN BIOLOGI
Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dan interaksinya dengan seluruh faktor yang berpengaruh. “BIOLOGI” berasal dari dua kata bahasa Yunani, yaitu “Bios” yang berarti kehidupan dan “logos” yang berarti ilmu. Ruang lingkup dan cakupan ilmu biologi sangatlah luas, sehingga dapat dikaitkan hampir dengan seluruh ilmu lainnya. Contohnya biokimia, yaitu ilmu yang mempelajari  dan mengidentifikasi korelasi antara ilmu biologi dan kimia. Biologi merupakan ilmu dasar yang akan berguna bagi segala aspek dalam kehidupan kita sebagai manusia juga makhluk hidup lainnya.
PENGERTIAN, MANFAAT, DAN CIRI BIOLOGI
B. FUNGSI DAN MANFAAT BIOLOGI
1. Ilmu Biologi Sebagai Ilmu Pengetahuan Murni
Biologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan murni. Artinya biologi bertujuan untuk membentuk kemudian mengembangkan pengetahuan secara abstrak sehingga akan meningkatkan kualitas ilmu tersebut. Biologi tidak termasuk kedalam ilmu terapan, yaitu ilmu yang bertujuan untuk penerapan kedalam kehidupan sehari – hari.

2. Ilmu Biologi Dapat Dipakai dalam (Hampir) Semua Bidang
Teknologi, kedokteran, pertanian, perternakan, dan masih banyak bidang yang memiliki hubungan erat dengan ilmu biologi. Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa ilmu biologi memiliki ruang lingkup yang sangat luas sehingga sangat mudah mencari hubungannya dengan bidang yang ada saat ini.

3. Ilmu Biologi Memberikan Pengetahuan, Pengalaman, dan Menjadi Pedoman
Pengetahuan yang didapatkan membuat kita paham sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui. Kemudian mencoba melakukan aktivitas dengan menerapkan pemahaman tersebut sehingga terciptalah pengalaman. Hasil dari percobaan tersebut memberikan pelajaran tersendiri sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman di masa yang akan datang.

Secara garis besar itulah fungsi dan manfaat Biologi, tapi apabila dibahas lebih lanjut, maka sangat banyak manfaat yang akan kita dapatkan.

C. CIRI – CIRI BIOLOGI
1. Biologi memiliki makhluk hidup sebagai objek kajian yang berupa benda konkret.
2. Memiliki Metode
pengembangan dan penggunaan ilmu biologi tidak dilakukan secara asal. Tetapi menggunakan cara, pedoman dan metode yang telah bersifat baku.

3. Bersifat Universal
Ilmu biologi berlaku secaera umum. Biologi juga berdasarkan kepada pengalaman yang dapat dilakukan oleh semua orang (pengalaman Empiris).

4. Bersifat Sistematis
Ilmu biologi merupakan ilmu yang teratur, tidak ada dasar ilmunya yang bertolak belakang antara satu dengan lainnya. Pengkajiannya juga menggunakan tahapan yang sistematis dan berurutan.
5. Hasil kajian bersifat objektif
Artinya hasil kajian merupakan kebenaran yang tidak akan berubah walaupun subjek yang melakukan kajian tersebut berbeda – beda.

6. Ilmu Biologi bersifat analitis dan menggunakan cara berpikir logis
Biologi merupakan ilmu yang pola pikirnya harus didasari dengan kenyataan (bersifat logis dan analitis).

D. CABANG – CABANG ILMU BIOLOGI
  • Anatomi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang tubuh manusia.
  • Botani, yaitu ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan.
  • Zoologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang hewan.
  • Parasitologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang parasit.
  • Mikologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang jamur.
  • Farmakologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang Obat – Obatan.
  • Entomologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang serangga.
  • Ekologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan hidup.
  • Virologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang virus.
  • Genetika, yaitu ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat.

First
0 Komentar