Tendon : Pengertian, Struktur, Fungsi

A. PENGERTIAN TENDON
Tendon adalah jaringan ikat yang menghubungkan tulang dengan otot. Tendon sering juga disebut sebagai urat otot. Tendon bergungsi untuk menyeimbangkan tulang dan otot sehingga memudahkan terjadinya gerakan. Tendon yang menempel pada tulang dan dapat bergerak disebut insersio (insertian = sisipan), sedangkan tendon yang menempel pada tulang dan tidak dapat bergerak disebut origo (origin = asal). Struktur tendon pada ujung otot terlihat mengecil, liat dan keras.
Artikel Penunjang : Otot : Pengertian, Struktur, Fungsi, Jenis
PENGERTIAN, STRUKTUR DAN FUNGSI TENDON
B. FUNGSI TENDON
Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, Fungsi utama tendon adalah untuk membantu terjadinya gerakan yang mudah, bebas, efektif, dan efisien. Saat terjadinya gerakan, tendon juga akan menyesuaikan perubahan posisi tulang dengan otot sedemikian rupa sehingga gerakan tersebut sempurna. Fungsi tendon sangat berhubungan dengan kontraksi (pemendekan) dan relaksasi (pemanjangan ) otot. Saat otot melakukan kontraksi, maka tendon mentrasmisikan energi dari kontraksi tersebut ke tulang dan sendi, demikian pula ketika terjadinya realaksasi otot, tendon juga akan menyesuaikan keadaanya. Walaupun memiliki struktur yang sangat kuat, tendon juga dapat rusak. Cedera pada tendon paling sering disebabkan karena dipakai secara berlebihan atau karena kecelakaan.
C. STRUKTUR TENDON
STRUKTUR TENDON
Silahkan anda perhatikan gambar di atas agar lebih mudah untuk memahami penjelasan kami
Kami akan berusaha menjelaskan struktur tendon dari komponen penyusunnya yang paling kecil hingga membentuk tendon secara sempurna.

Struktur terkecil penyusun tendon adalah fibril kolagen. fibril ini bersifat padat, kuat dan fleksibel. Sifat serat kolagen akan membuatnya tahan terhadap tarikan dan dorongan antara tulang dengan otot. Jika ditinjau lebih jauh maka masih kita dapatkan molekul dasar penyusun fibril kolagen, yaitu beberapa tropokolagen yang bersatu membentuk mikrofibril, dan gabungan mikrofibril kolagen yang bersatu membentuk subfibril kolagen, kemudian barulah gabungan subfibril akan membentuk fibril kolagen .

Selanjutnya sekelompok fibril kolagen akan bergabung dan dilapisi lapisan pelindung membentuk untaian dalam satu kesatuan yang disebut serat kolagen.

Kemudian gabungan beberapa serat kolagen dan dilapisi oleh lapisan endotendon akan membentuk Bundel Serat Kolagen Primer (Sub-fasicle).

Serat kolagen primer akan bergabung dan dilapisi oleh lapisan endotendon (lapisan yang berfungsi melindungi dan menstabilkan tendon) membentuk Bundel Serat Kolagen Sekunder (fasicle).

Gabungan dari beberapa Bundel serat kolagen sekunder dan dilapisi oleh lapisan endotendon  (Lapisan yang berfungsi melindungi dan menstabilkan tendon) membentuk Bundel Serat Kolagen Tersier.

Nah kumpulan dari Bundel serat kolagen tersier ini bersama dengan lapisan epitendon (lapisan luar tendon) akan membentuk struktur tendon yang sempuna.
Artikel Penunjang : Ligamen : Pengertian, Struktur, Fungsi

Previous
Next Post »
0 Komentar