Perang Dunia 1 : Pengertian, Sejarah, Penyebab, Dampak

Perang dunia I adalah perang terbesar dan terdasyat yang terjadi pada tahun 1914-1918 yang memakan korban lebih dari 40 juta jiwa.. Perang yang luar biasa ini mulanya terjadi di kawasan benua eropa yang melibatkan Jerman, Britain, Rusia, Perancis, Australia-Hungary, Serbia, Itali, Belgium Dan Turki. Kemudian meluas ke negara-negara di kawasan  benua Amerika dan Asia seperti Kanada, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Cina, dan Jepang.

Pada tahun 1875 terjadi suatu krisis di Semenanjung Balkan, karena Turki melakukan penumpasan terhadap pemberontak Serbia di Bosnia. Rusia menganggap penumpasan tersebut sebagi penindasan terhadap orang-orang slav. Rusia akhirnya menyatakan perang, saat itu turki menderita kekalahan dituntut untuk memerdekakan wilayah jajahan di Balkan. Namun sayangnya hal tersebut ditentang oleh Austris-Hongaria kearena sikap Rusia yang membela Serbia dianggap mengancam kepentingan Austria-Hongaria.

Negara-negara tersebut memperebutkan daerah jajahan untuk dijadikan sumber bahan baku, daerah pemasaran dan tempat penanaman modal. Terlebih negara Jerman dan Itali yang belum memiliki tanah jajahan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan tanah jajahan. Oleh karenanya, jerman telah memulai tindakannya dengan merampas tanah jajahan di Afrika pada negara-negara yang dianggap lemah sperti Portugal dan Perancis pada tahun 1890an. Yang saat itu juga itala mendapatkan bekas jajahan Turki dengan menakhlukkan Cyrenaica dan Tripoli dan menjadikannya tanah jajahan baru  yang dikenali sebagai Libya.

Tindakan jerman menimbulkan kebimbangan Britain dan Perancis terlebih lagi apabila jerman bertindak memperbesar angkatan lautnya. Britain turut memperkuat angkatan lautnya untuk melindungi aktivitas perdagangan antar bangsa. Prancis mencoba menyaingi Jerman di Morocco pada tahun 1911 sehingga hampir menggugat kestabilan di Eropa. Keadaan ini menjadi lebih rumit mana kala Rusia ingin mendapatkan pengaruh politik. Pada tahun 1908, Austria-Hongaria Berjaya menakhlukkan Bosnia – Herzegovina dan sasaran seterusnya ialah menguasai Serbia. Karena menghalangi serangan Austria-Hongaria, Serbia Berjaya mendapatkan sokongan Rusia yang bercita-cita menguasai selat Bosporus dan sebahagian wilayah Turki.

Kegagalan sistem pakatan untuk mewujudkan keseimbangan kuasa dalam kalangan negara – negara Eropa juga telah menjadi salah satu penyebab terjadinya Perang Dunia Pertama. System pakatan ini telah menyebabkan Eropa terbagi menjadi 2 yaitu Triple Alliance (1882) atau blok sentral yang diketuai oleh Jerman dan disertai oleh Australia – Hungary yang dulunya dual alliance menjadi triple alliance, serta Turki dan Bulgaria. Triple Entente (1907) atau blok sekutu yang diketuai oleh Rusia juga disertai Inggris dan Perncis dan diikuti Itali yang telah dihianati autria dengan merebut wilayah kuasa itali berpindah tempat menjadi blok sekutu, serta Serbia, Romania dan Greece. Keadaan ini menyebabkan ketidakstabilan politik yang terbentuk di Eropa.

Setelah terjadinya krisis yang berkelanjutan tersebut, barulah terjadi awal mula perang dunia I. juga ada penyebab lainnya seperti penyebab umum yang melatar-belakangi terjadinya perang dunia I yaitu pertentangan antar negara, timbul politik mencari sekutu, perlombaan persenjataan dan krisis Balkan. Pertentangan antar negara Eropa terjadi karena revolusi industry yang mengawali Imperialisme Modern. Dimana hal ini memacu persaingan antar negara seperti Jerman-Perancis, Jerman-Ruisa, Jerman-Inggris dan Rusia- Austro Hongaria.
  • Pertentangan antara Jerman dan Perancis terjadi akibat adanya kepentingan politik guerre de revanche dan pada tahun 1871 Perancis menghadap kekalahan atas Jerman dan terpaksa kehilangan Alcase dan Lorraine dan membayar uang rampasan perang sebesar 5 miliyar franc.
  • Pertentangan Jerman dan Inggris terjadi akibat adanya perebutan daerah jajahan di Afrika Asia. Jerman sampai membangin angkatan perang besar-besaran untuk mengimbangi inggris.
  • Pertentangan Jerman dan Rusia terjadi karena Wilhem II menjalankan politik perlindungan terhadap turki yang merupakan musuh besar rusia. Hal ini membuar Rusia memihak Perancis dalam melawan Jerman.
  • Pertentangan Rusia-Austro Hongaria disebabkan karena kedua negara sama-sama menginginkan daerah Balkan. Rusia untuk perluasan politikair hangat dan astro-hongaria demi kepentingan perdagangan melalui sungai dona.

Penyebab khusus perang dunia I juga ikut ambil andil yang besar loh. Ceritanya, pada tahun 28 Juni 1914 pangeran Frans Ferdinand beserta istrinya terbunuh oleh teroris Serbia, Gavrilo Principe di Sarajevo pada saat latihan perang di Bosnia.
SEJARAH PERANG DUNIA PERTAMA
Triad Serbia menganggap latihan perang Austria di Bosnia sebagai tindakan provokatif dan pameran kekuatan. Pada saat itu juga, Austria menyatakan perang kepada Serbia yang meluas ke seluruh Eropa. Negara-negara yang terlibat adalah negara-negara imperialism dan tanah jajahan.
Saat perang sudah dimulai, perang dunia I memiliki 4 front (medan perang), yaitu front barat, front timur, front selatan dan front tenggara.
Di front barat, Jerman menyerang Belgia, Inggris, Perancis. Dikomandoi oleh Jendral Ludendorff lalu jerman menduduki Belgia. Di Perancis, Jerman dipukul mundur sampai Sungai Morne dan di Inggris, Jerman didesak sampai verdum.

Tahun 1914 Jerman menyerang ke timur untuk menduduki rusia, di front timur pertempuran terjadi di kota Tennenherg (Prusia). Revolusi Bolsheviks menjadi kesempatan bagi Jerman sehingga Rusia kalah dan menandatangani perjanjian Brest Litovisk.

Pada tanggal 23 Mei 1915 italia keluar dari Triple Allience dan berbalik menyerang Austria yang telah merebut wilayahnya. Di Balkan, Jerman berhadapan dengan inggris, rusia, Rumania, dan Serbia.

Pada front selatan, Jerman melawan Italia, Kemenangan Jerman disebabkan keunggulan jumlah personil, persenjataan maupun startegi. Di front tenggara Jerman mengalahkan Rumania dan Serbia di Balkan. Inggris bermaksud menduduki Selat Dardanela, tetapi digagalkan oleh Turki. Akhirnya, pada tahun 1918 inggris mundur dan menghantam Bulgaria.

AS terlibat perang karena Jerman melancarkan serangan secara frontal baik di darat dan di lautan termasuk kapal dagang AS Lusitania dan Sussex yang ikut di tenggelamkan. Walaupun katanya terdapat unsur ketidaksengajaan dalam penyerangan ini, pada 10 April 1917, AS mengumumkan perang terhadap Jerman. Berikut gambar Kapal dagang AS yang dibombardir Jerman.
KAPAL DAGANG AS YANG DIBOMBARDIR JERMAN
Akibat serangan sekutu yang gencar dan erus menerus, Jerman dan negara-negara pendukungnya mengalami kekalahan pada 1918. Faktor penyebab kekalahannya adalah ;
  • Bergabungnya Italia dengan pihak Inggris, Rusia, Perancis 1915
  • Terlibatnya AS membantu sekutu 1917
  • Blockade sekutu yang sangat ketat, pengorganisasian kekuatan yang lebih besar dengan pihak AS
  • Terjadinya gerakan social di Jerman dan Austria-Hongaria yang bosan dengan peperangan.

Akhir perang dunia I menciptakan banyak perjanjian diantaranya ;
  • Perjanjian Versailes antara sekutu dan Jerman pada tanggal 28 Juni 1919
  • Perjanjian Sevres antara sekutu dan Turki pada tanggal 20 agustus 1920
  • Perjanjian St. Germain antara sekutu dan Austria pada tanggal 10 September 1919
  • Perjanjian Meulilly antara sekutu dan Bulgaria pada tanggal 27 November 1919
  • Perjanjian Trianon antara sekutu dan Hongaria pada tanggal 4 Juni 1920.

Pada tanggal 28 Juni 1919 perjanjian paris ditandatangani di Versailes yang isi perjanjiannya yaitu ;
  • Koloni-koloni jerman diserahkan kepada inggris, Perancis dan jepang atas nama mandate liga bangsa-bangsa
  • Jerman menyerahkan wilayah elsas dan lotaringen kepada Perancis serta eupen dan malmedy pada belgia
  • Daerah saar berada di bawah mandate LBB selama 15 tahun
  • Jerman hanya boleh memiliki pasukan 100.000 orang
  • Kapal-kapal dagang Jerman lharus diserahkan kepada Inggris
  • Jerman harus mengganti kerugian perang sebesar 132 miliar mark emas kepada sekutu
  • Danzig menjadi kota merdeka dibawah mandate LBB
  • Daerah jerman sebelah barat sungai rhein diduduki sekutu selama 15 tahun

Setelah perang dunia I, delegasi penandatanganan perjanjian paris menaruh harapan besar terciptanya perdamaian dunia sesuai dengan gagasan presiden AS saat itu Wodrow Wilson mengajukan 14 pernyataan pada tanggal 8 januari 1918 diantaranya ‘diperlukan diplomasi terbuka, persenjataan dikurangi, hak menentukan nasib sendiri dan perlu dibentuk Liga Bangsa-Bangsa’. Beliau mengusulkan suatu konsep perdamaian yang disebut dengan "Peace Without Victory". Usul tersebut kemudian menjelma menjadi Wilson's Fourteen Poin (14 pasal perdamaian Wilson). Pasal-pasal inilah yang akhirnya menjadi landasan lahirnya LBB pada tanggal 10 Januari 1920. Perserta konferensi yang menentukan adalah the big four yaitu AS, Inggris, Perancis dan Italia. Konferensi tersebut memutuskan untuk membentuk LBB dan menghukum Jerman seberat-beratnya.

Pernyataan presiden Wilson telah meningkatkan harapan bangsa-bangsa korban imperialism dan konsep penentuan nassib sendiri disambut positif oleh bangsa-bangsa Asia-Afrika, hal ini mendorong para pelajar untuk terus memperjuangkan kebebasan.

Nah, begitulah sejarah singkat perang dunia I yang telah terhimpun kedalam satu artikel ini. Akibat adanya keserakahan dan krisis yang berkelanjutan dapat dilihat dampaknya akibat perang dunia I tersebut.
Artikel Penunjang : Sejarah Perang Dunia ke 2
Berikut akan dibahas satu persatu akibat atau pengaruh atau dampak dari perang dunia I.
1. Bidang Politik
a. Keruntuhan pemerintahan monarki
Perang dunia pertama telah melenyapkan pemerintahan monarki di benua eropa. Perang ini telah menyebabkan sistem pemerintahan beraja di jerman, rusia dan turki berakhir. Pada tahun 1925, sultan empayar turki Uthmaniyah turun dari tahta menjadi kekalahn turki dalam perang. Perkembangan ini menyebabkan kerajaan turki yang meliputi Poland, Bulgaria, Czechoslovakia dan Finland berakhir. Perang ini menyebabkan sistem pemerintahan raja berakhir di Jerman dan Kaiser William II, dibuang ke Belanda. Pemerintahan raja berakhir di Rusia dan tercetus revolusi Rusia pada tahun 1917.

b. Kebangkitan demokrasi
Setelah runtuhnya pemerintahan kerajaan, terciptalah pemerintahan bercorak demokrasi. Munculnya pemerintahan republik di Rusia, Turki, Czechoslovakia, Jerman, Austria, Poland, Lithuania, Latvia dan Estonia.

c. Kemunculan negara-negara baru
Perjanjian Versailles telah mengubah peta Eropa dan menyaksikan kemunculan negara baru. Rusia terpecah menjadi Poland, Finland, Estonia, Latvia dan Lithuania. Turki terpecah menjadi Lebanon, Syiria dan Iraq dll.

d. Perkembangan semangat antar bangsa
Kesengsaraan dan kemusnahan yang telah terjadi telah memberikan kesadaran tentang kerjasama antara negara dengan memulihkan keamanan, semangat dan keharmonian dunia

e. Pembentukan liga bangsa
Dalam perjanjian versailes pada tahun 1919 dengan persetujuan yang dicapai bersama. Tujuannya untuk memastikan perdamaian.

f. Jerman kehilangan wilayah
Jerman dihukum dengan kehilangan wilayah dan dialihkan ke negara lain. perjanjian versaileslah yang menjadi dasar diputuskannnya hukuman ini.

g. Kekuatan tentara Jerman dilumpuhkan
Masih dalam perjanjian versailes, asas ketentraman jerman dihapus sama sekali. Perjanjian ini peruntukan utamanya pelucutan senjata terhadap Jerman. Juga menghapuskan pangkalan tentara lautnya, serta dilarang menempatkan tentaranya di wilayah Rhineland dekat dengan prancis. Jerman juga dilarang membeli senjata perang.

h. Perkembangan nasionalisme
Konsep nasionalisme menjadi teras kepada pembentukan negara bangsa. Pengumuman presiden Woodrow Wilson mengenai hak menentukan nasib sendiri telah mempengaruhi gerakan nasionalisme di India dan Asia Tenggara.

2. Bidang Sosial
a. Kehilangan nyawa
Perang dunia pertama telah menyebabkan banyak anggota tentara dan warga sipil. Perang ini telah menyebabkan 10 juta orang anggota tentara tewas dan 20 juta lainnya cidera. Dan diperkirakan 13 juta warga sipil menjadi korban dalam peperangan ini.

b. Lunturnya perbedaan ras
Sebelum perang dunia pertama, kalangan bangsa Eropa sangat menjunjung tinggi perbedaan ras atau pun perbedaan warna kulit. Mereka mementingkan keagungan bangsa masing-masing. Orang Eropa memandang rendah terhadap orang kulit hitam seperti orang Afrika dan India. Semasa perang, semua bangsa turut serta dalam perang. Tentara Afrika dan India membantu tentara British dalam medan perang. Hal ini mengurangi perbedaan ras dan perbedaan warna kulit di kalangan bangsa Eropa.

c. Peningkatan peranan wanita
Dalam perang, banyak golongan lelaki terpaksa meninggalkan pekerjaan mereka dan menyertai tentara untuk mempertahankan negara. Hal ini menyebabkan kekurangan tenaga kerja dalam sektor tenaga kerja dan pejabat. Akibatnya, skop perkerjaan wanita menjadi lebih luas dan mereka melibatkan diri dalam bidang pembangunan ekonomi dan politik negara.

d. Institusi pendidikan tidak berfungsi
Saat perang berlangsung, banyak instusi pendidikan terpaksa ditutup. Pelajar diwajibkan menyertai latihan ketentaraan dan mengambil bahagian dalm peperangan.

e. Pembuatan senjata modern
Bnyak peralatan perang tlah diciptakan semasa perang dunia I. Penggunaan kapal perang dan kapal tentara laut telah menyebabkan berlakunya perubahan yang amat signifikan dalam penyusunan taktik perang.

3. Bidang Ekonomi
a. Kas perbelanjaan perang yang tinggi
Menurut pakar ekonomi, dianggarkan sekitar 338 miliar US dolar telah dibelanjakan untuk negara yang terlibat sepanjang peperangan berlangsung. Britain telah membelanjakan sebanyak 15 lac pounds sehingga bulan Mac 1915 & angka ini mencecah kepada 60 lac pounds pada tahun  1917-1918.

b. Hutang antar bangsa
Pada akhir perang dunia I, hutang yang ditanggungkan oleh Britain dianggarkan sejumlah 74,350 lac pounds. Dalam pada itu, hutang Perancis berjumlah 1,474,720 lac pounds manakala hutang Jerman dianggarkan 1,606,000 lac pounds. Keseluruhannya, perbelanjaan perang ini lebih banyak daripada segala kekayaan yang dimiliki oleh kerajaan British & semua kekayaan yang dimiliki oleh Amerika Syarikat pada tahun 1918.

c. Peningkatan cukai
Cukai yang tinggi terhadap rakyat menampung perbelanjaan perang yang tinggi. Dan dimulainya mata uang kertas.

d. Peningkatan harga barang
Perang dunia I menyebabkan peningkatan harga barang secara tiba-tiba. Perkembangan ini menyebabkan berlakunya inflasi. Dan seluruh harga barang meningkat.

e. Pasaran dunia
Pasaran dunia dikuasai oleh Amerika Serikat dan Jepang. Sebelum perang, Britain telah menjadi negara industri yang menguasai perdagangan dunia terbesar. Tapi kemudian Britain kehilangan satu pertiga dari perdagangan luarnya.

Previous
Next Post »
0 Komentar