Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Petanya

Terdapat beragam jenis flora dan fauna yang tersebar secara tidak merata di berbagai wilayah di seluruh dunia. Persebaran flora dan fauna ini dapat terjadi akibat berbagai faktor yang mempengaruhinya. Secara umum, faktor yang paling mempengaruhi persebaran berbagai fauna di seluruh dunia adalah akibat berbagai faktor fisik terkait dengan kondisi lingkungan dan faktor sejarah kondisi tempat asal fauna tersebut. Pada zaman dahulu dimana sebagian besar permukaan bumi masih tertutupi oleh es dan kondisi tinggi permukaan laut berada pada titik terendah (zaman pleistosen/zaman glasial/zaman es), beberapa daratan masih bergabung menjadi satu daratan hingga membuat beragam fauna dapat dengan mudah bermigrasi. Namun setelah terjadi perubahan iklim secara ekstrim yang menyebabkan sebagian besar es mencair, tinggi permukaan laut pun mulai meningkat hingga mencapai 200 meter serta membuat beberapa daratan mulai terpisah karena tertutupi oleh perairan. Hal tersebut sangat mempengaruhi persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah terutama di Indonesia. Begitupula dengan persebaran flora, selain karena faktor sejarah perkembangan bumi, persebaran flora juga sangat dipengaruhi oleh faktor kondisi fisik lingkungan terutama iklim yang memiliki perbedaaan di berbagai wilayah.

Di indonesia keragaman flora dan fauna merupakan salah satu yang tertinggi di seluruh dunia. Kondisi lingkungan yang beriklim tropis serta mendukung kehidupan berbagai jenis flora dan fauna membuat keragaman hayati di Indonesia sangat tinggi. Selain itu, sejarah perkembangan wilyah Indonesia pada zaman pleistosen juga sangat berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna di indonesia, dimana pada zaman tersebut beberapa wilayah kepulauan di Indonesia masih bergabung dengan beberapa benua (seperti benua Asia dan Australia) menjadi satu daratan, yang kemudian mempengaruhi keberadaan flora dan fauna di Indonesia. Secara umum, baik persebaran flora maupun persebaran fauna di Indonesia sama-sam dibagi kedalam tiga kelompok, yaitu tipe Indonesia bagian barat (Asiatis), bagian tengah (peralihan), dan bagian timur (Australis), berikut penjelasannya :
Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA
A. PERSEBARAN FLORA DI INDONESIA
1. Flora Indonesia Bagian Barat (Asiatis)
Flora Indonesia bagian barat sering disebut juga flora tipe Asiatis karena memiliki banyak persamaan dengan jenis flora di benua Asia pada umumnya. Wilayah indonesia bagian barat memiliki iklim hujan tropis dengan kelembapan udara dan curah hujan yang tinggi sehingga membuat kawasan ini di dominasi dengan hutan hujan tropis yang memiliki flora yang bervariasi (heterogen).

Pada kawasan hutan ini banyak dijumpai beragam jenis tanaman lumut, paku dan jamur serta beberapa jenis flora khas lainnya seperti tanaman meranti, damar, mahoni dan sebagainya. Namun selain di dominasi hujan hujan tropis, wilayah indonesia bagian barat juga dapat kita jumpai beberapa jenis hutan lainnya seperti hutan musim, hutan sabana tropis dan hutan bakau (mangrove) yang banyak kita jumpai di sekitar pantai. Pada wilayah bagian barat Indonesia juga dapat kita jumpai flora endemik Indonesia seperti tanaman Bunga Bangkai dan Rafflesia Arnoldii.

2. Flora Indonesia Bagian Tengah (Peralihan)
Flora Indonesia bagian tengah sering juga disebut dengan flora kepulauan Wallace karena wilayah ini terletak pada garis Wallace yaitu garis khayal yang memisahkan flora fauna jenis Asiatis dengan Australis.Wilayah Indonesia bagian tengah memiliki iklim yang lebih kering dengan tingkat kelembapan udara dan curah hujan yang lebih rendah sehingga wilayah ini di dominasi dengan hutan pegunungan, hutan sabana dan stepa tropis. Beberapa jenis tanaman rempah-rempah merupakan flora khas pada daerah ini seperti tanaman pala, cengkeh, kayu cendana, kayu manis, kayu eboni serta berbagai jenis anggrek.

3. Flora Indonesia Bagian Timur (Australis)
Flora di Indonesia bagian timur juga memiliki iklim hujan tropis sehingga juga di dominasi dengan hujan tropis, hutan pegunungan serta hutan bakau (mangrove). Namun pada wilayah Indonesia bagian timur, jenis floranya memiliki banyak persamaan dengan jenis flora di wilayah benua Australia dengan beberapa tanaman khasnya seperti tanaman eucalyptus dan pohon rasamala.
Peta Persebaran Flora di Indonesia
PETA PERSEBARAN FLORA DI INDONESIA
B. PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA
1. Fauna Indonesia Bagian Barat (Asiatis)
Sama seperti flora, persebaran fauna di Indonesia bagian barat juga memiliki corak yang hampir sama dengan benua Asia karena pengaruh kondisi permukaan bumi pada zaman pleistosen dimana wilayah Indonesia bagian barat masih tergabung menjadi satu daratan dengan benua Asia. Wilayah ini meliputi bagian pulau Sumatera, Jawa sampai daerah Kalimantan dimana banyak kita jumpa beragam jenis mamalia, reptil, burung, serangga sampai beragam jenis ikan. Banyak hewan endemik Indonesia dapat kita jumpai pada wilayah ini seperti badak bercula satu, orang utan, siamang, tapir, ikan pesut mahakam dan banyak lainnnya.

2. Fauna Indonesia Bagian Tengah (Peralihan)
Fauna wilayah ini juga sering disebut fauna kawasan Wallace dan merupakan fauna peralihan antara fauna jenis Asiatis dengan Australis. Wilayah ini meliputi kawasan pulau Sulawesi dan sekitarnya. Pada wilayah ini juga dapat dijumpai beberapa jenis fauna endemik Indonesia seperti komodo, anoa, babirusa, burung maleo dan monyet hantu (tarsius).

3. Fauna Indonesia Bagian Timur (Australis)
Jenis fauna di wilayah indonesia bagian timur memiliki banyak persamaan dengan jenis fauna di bagian benua Australis dengan jenis hewan seperti kanguru, walaby, beragam jenis primata dan burung serta reptil. Wilayah ini meliputi bagian Papua dan daerah sekitarnya. Beberapa jenis fauna endemik Indonesia di wilayah bagian timur di antaranya burung cendrawasih, kasuari, nuri sayap hitam, merak gouravictori, kanguru pohon mantel emas, dan hiu karpet berbintik.

Sejauh ini diketahui terdapat sekitar 25.000 jenis flora di Indonesia atau sekitar 10% dari seluruh flora di dunia. Begitu juga dengan fauna, terdapat lebih dari 500 jenis mamalia, 1.500 lebih jenis burung, 600 jenis reptil, 250 jenis amfibi, dan 100 jenis kupu-kupu serta begitu banyak flora dan fauna endemik (hanya terdapat di Indonesia) selain yang admin sebutkan diatas. Namun tidak sedikit pula diantara beragam flora fauna tersebut diambang kepunahan akibat berbagai penyebab terutama akibat ulah manusia. Untuk itu, tugas kitalah sebagai generasi penerus untuk bersama-sam menjaga kelestariannya dan menjauhkannya dari kepunahan.
Peta Persebaran Fauna di Indonesia
PETA PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA

Previous
Next Post »
0 Komentar