Epididimis : Pengertian, Struktur dan Fungsi

A. PENGERTIAN EPIDIDIMIS
Epididimis adalah saluran berkelok-kelok panjang yang menghubungkan testis dengan vas deferens. Manusia mempunyai sepasang testis dan epididimis terletak dibelakang kedua testis tersebut. Melalui epididimis sperma masuk dari testis ke dalam vas deferens. Epididimis berfungsi sebagai tempat pematangan sperma dan penyimpanan sperma sementara sampai munculnya ejakulasi.
Pengertian, Struktur dan Fungsi Epididimis
EPIDIDIMIS
B. FUNGSI EPIDIDIMIS
Fungsi dari epididimis adalah untuk menyimpan sperma sementara dan melakukan pematangan sperma sehingga siap untuk diejakulasikan. Sperma yang masuk dari epididimis akan disalurkan menuju vas deferens dalam waktu 1 minggu. Selama waktu tersebut, epididimis membantu melakukan proses pematangan sperma.
Pengertian, Struktur dan Fungsi Epididimis
EPIDIDIMIS
C. STRUKTUR DAN BAGIAN BAGIAN EPIDIDIMIS
1. Struktur Epididimis
Panjang dari epididimis adalah sekitar 4 cm. Saluran epididimis dilapisi oleh epitel pseudostatified columnar yang dikelilingi oleh jaringan ikat dan otto polos. Epididimis juga mempunyai struktur microvili yang disebut dengan Stereocilia. Stereocilia ini berfungsi untuk menyerap cairan dari rongga – rongga pada tubuh epididimis. Otot polos pada epididimis akan berkontraksi dan membuat gerakan peristaltik yang membawa sperma dari testis menuju vas deferens.

Sperma yang masuk ke epididimis merupakan sel sperma yang belum matang dan terdiri dari terlalu banyak cairan. Proses pematangan dan penyimpanan sperma dalam epididimis terjadi sekitar 1 minggu. Pada proses ini sperma diberikan nutrisi dan sel sperma yang sudah rusak serta komponen yang tidak berguna lainnya akan dipisahkan dari sperma utama. Komponen yang tidak diperlukan ini dapat tinggal di dalam epidimis sampai 1 bulanan, kemudian setelah itu mereka diserap oleh stereocilia.

2. Bagian – Bagian Epididimis
Bagian Bagian Epididimis
STRUKTUR EPIDIDIMIS
Tubuh epididimis terdiri dari 3 bagian utama, yaitu :
  • Kepala Epididimis, merupakan bagian terluas dari epididimis. Bagian ini menerima spermatozoa dari testis. Pada bagian kepala terdapat myoepitel tipis, dan konsentrasi dari sperma yang masuk ke bagian ini masih sangat cair.
  • Badan Epididimis, merupakan bagian yang terletak setelah kepala dan berfungsi sebagai tempat terjadinya pematangan sperma.
  • Ekor Epididimis, merupakan bagian dengan myoepitelium yang lebih tebal daripada bagian kepala, memegang peran penting dalam proses penyerapan cairan untuk membuat sperma menjadi lebih kental. 

Previous
Next Post »
0 Komentar