Thalamus : Pengertian, Struktur, Fungsi

A. PENGERTIAN THALAMUS
Thalamus adalah salah satu struktur yang terletak di Tengah otak, tepatnya diantara korteks serebral dan otak tengah. Kata talamus berasal dari bahasa Yunani yang artinya ruang bagian dalam. Fungsi utama kelenjar ini adalah untuk menyampaikan sinyal sensorik dan motorik yang berhubungan dengan kesadaran, tidur dan kewaspadaan ke korteks otak. Thalamus merupakan suborgan dari diencephalon.

B. FUNGSI THALAMUS
  • Fungsi utama dari kelenjar thalamus adalah menyampaikan informasi yang berhubungan dengan kesadaran, siklus tidur dan kewaspadaan.
  • Thalamus berfungsi untuk stasiun pemancar dan meneruskan informasi tentang reseptor indera (penglihatan, pendengaran, sentuhan, rasa) kecuali penciuman.
pengertian, Struktur dan fungsi thalamus
PENGERTIAN STRUKTUR DAN FUNGSI THALAMUS

C. STRUKTUR DAN BAGIAN BAGIAN THALAMUS
Thalamus terletak di atas batang otak, dekat pusat dari otak. Thalamus terdiri dari mass berbentuk bola lampu yang terbagi dua, panjangnya sekitar 5,7 vm dan simetris antara kiri dan kanan. Talamus menerima nutrisi dan oksigen dari 4 cabang pembuluh darah cerebral posterior. Kelenjar Thalamus mengandung serabut saraf bermielin yang disebut Lamella.

Thalamus merupakan salah satu bagian dari sistem nukleus kompleks, bersamaan dengan Hypothalamus, Epithalamus, dan Prethalamus (Ventral Thalamus) dan Dorsal Thalamus. Beberapa nukleus yang terdapat pada thalamus adalah
  1. Nukleus Thalamus Anterior
  2. Nukleus Ventralis Anterior
  3. Nukleus Ventralis Lateralis
  4. Nukleus Ventralis Posterolateralis
  5. Sentrum Medianum
  6. Nukelus Medial
  7. Nukleus Pulvinar
  8. Korpus Genikulatum Mediale
  9. Faormasi Retikularis
Thalamus berhubungan langsung dengan hipokampus melalui jalur mammillo thalamic. Juga berhubungan korteks serebral melalui saluran Thalamokortikal.

Previous
Next Post »
0 Komentar