Kelenjar Prostat : Pengertian, Struktur, Fungsi

A. PENGERTIAN KELENJAR PROSTAT
Kelenjar Prostat merupakan organ yang berfungsi untuk memproduksi dan menyimpan sejenis cairan yang akan menjadi sebagian besar air mani (Semen). Prostat adalah kelenjar eksokrin berukuran sebesar buah kenari yang terletak antara kandung kemih dan penis, di depan rektum. Cairan yang dikeluarkan prostan memberikan nutrisi dan melindungi sperma. Selama ejakulasi, prostat akan membuat cairan ini keluar melalui uretra, bersamaan dengan sperma membentuk cairan mani.
Pengertian, Struktur dan Fungsi Kelenjar Prostat
KELENJAR PROSTAT
B. FUNGSI KELENJAR PROSTAT
  • Fungsi utama prostat adalah mengeluarkan 30 – 35% / satupertiga cairan dari air mani. Cairan ini berfungsi untuk memberikan nutrisi dan perlindungan terhadap sperma agar dapat bertahan dalam lingkungan vagina.
  • Prosta mengandung jaringan otot polos, sehingga turut membantu untuk memompa air mani keluar melalui penis dengan kekuatan yang cukup untuk masuk ke dalam vagina untuk membantu sperma membuahi ovul.
  • Prostat yang mengelilingi bagian uretra dapat berfungsi sebagai katup yang mencegah urin keluar kecuali apabila memang ada rangsangan buang air kecil.
  • Sistem saraf prostat akan membantu proses terjadinya ereksi penis.

C. STRUKTUR DAN BAGIAN KELENJAR PROSTAT
1. Struktur Kelenjar Prostat
Bentuk prostat adalah seperti segitiga terbalik yang ukurannya panjang sekitar 4 cm, lebar 3 cm, dan telah 2,5 cm, beratnya kurang lebih 20 gram. Kelenjar Prostat merupakan kelenjar fibromuskuler (serabut otot polos yang bercampur dengan serat kolegen dan elastik), ia selubungi oleh kapsula prostatika (suatu jaringan fibrosa berisi pembuluh darah dan saraf) dan vagina prostatka (jaringan fibrosa). Sebagian besar bagian dari kelenjar prostat terdiri dari 30 – 50 komponen kelenjar tubuloasinar atau tubulo alveolar kecil bercabang. Dinding pelapis prostat adalah dinding mukosa, submukosa dan lapisan perifer yang terdiri dari kelenjar utama penyusun prostat.

Jaringan Epitel yang melapisi prostat biasanya berupa Simpleks Kolumnar atau Pseudostratificatum kolumnar. Pada beberapa bagian dilapisi oleh epitel skuamosum atau epitel kuboid.

Prostat menerima pasukan nutrisi dan oksifen dari arteri prostat. Persarafannya berasal dari pleksus prostatikus (dapat berupa rangsangan simpatis atau parasimpatis).

2. Bagian Bagian Kelenjar Prostat
Prostat dapat dibagi ke dalam 5 lobus
  • Lobus Aterior / Isthmus (Depan), terletak di depan uretra dan tidak mempunyai jaringan kelenjar.
  • Lobus Medius (Tengah), terletak diantara uretra dan duktus ejakulatorius, bagian ini kaya akan jaringan kelenjar .
  • Lobus Posterior (Belakang), merupakan lobus yang terletak di belakang uretra dan di bawah duktus ejakulatorius, bagian ini uga kaya akan jaringan kelenjar.
  • Lobus Lateral Kanan, Terdapat di sebelah kanan uretra yang dipisahkan oleh alur vertikal dangkal pada permukaan belakang prostat, banyak jaringan kelenjar pada lobus ini.
  • Lobus Lateal Kiri Terdapat di sebelah kiri uretra yang dipisahkan oleh alur vertikal dangkal pada permukaan belakang prostat, Lobus ini juga mengandung banyak jaringan kelenjar.

Berdasarkan zonanya, prostat dapat dibagi menjadi beberapa zona, yaitu :
  • Zona Perifer (Zona Sisi), membentuk 70 % jaringan kelenjar prostan dan mencakup bagian postior serta lateral kelenjar tersebut. Zona perifer merupakan zona yang sangat rentan terkena infeksi atau peradangan.
  • Zona Transisional (Zona Pertengahan), membentuk 5 – 10 % daripada kelenjar prostat.
  • Zona Sentral (Zona Pusat), membentuk 25% dari jaringan kelenjar prostat. Zona sentral tersusun atasu lapisan mukosa dan submukosa.
  • Zona lain selain komponen kelenjar, yaitu zona stroma fibromuskular (merupakan serabut otot polos yang bercampur dengan serat kolagen dan elastin) yang terletak di depan kelenjar prostat.
Struktur dan Bagian Bagian Kelenjar Prostat
STRUKTUR DAN BAGIAN BAGIAN KELENJAR PROSTAT

Previous
Next Post »
0 Komentar