Kandung Kemih (Vesika Urinaria) : Pengertian, Struktur, Fungsi

A. PENGERTIAN KANDUNG KEMIH (VESIKA URINARIA)
Kandung Kemih (Vesika Urinaria) merupakan salah satu organ dalam sistem eksresi manusia (urin) yang berfungsi untuk menampung urin sementara sebelum dibuang melalui proses Buan Air Kecil (BAK). Kandung kemih merupakan organ berbentuk seperti kantong yang disusun oleh otot yang saling beranyaman. Organ ini terletak di rongga pelvis, dibelakang pubis. Normalnya kandung kemih menyimpan sekitar 500 ml urin. Dalam keadaan kosong vesika urinaria berbentuk oval seperti buah pir dan lokasinya terletak di dalam rongga perlvis. Ketika berisi urin, maka dinding atas dari vesika urinaria ini akan masuk ke daerah abdomen.
Pengertian, Struktur, Fungsi Kandung Kemih
KANDUNG KEMIH (VESIKA URINARIA)
B. FUNGSI KANDUNG KEMIH (VESIKA URINARIA)
  • Fungsi utama dari kandung kemiih adalah untuk menyimpan urin sebelum dikeluarkan melalui proses buang air kecil. Biasanya kandung kemih hanya menyimpan sekitar 500 ml urin, tetapi kapasitas maksimal yang dapat disimpannya jauh lebih besar.
  • Memberikan sinyal kepada tubuh apabila urin yang ditampung sudah cukup banyak sehingga dapat dikeluarkan.
  • Membantu proses buang air kecil dengan mengkontrasikan otot – otot detrusornya.
C. STRUKTUR DAN BAGIAN BAGIAN KANDUNG KEMIH (VESIKA URINARIA)
Bagian utama dari kantung kemih adalah otot detrusor yang terdiri dari otot spiral, longitudinal dan sirkular. Ketika hendak mengeluarkan urin, maka otot ini akan melakukan kontraksi dengan mengirimkan sinyal parasimpatik. Lapisan dari vesika urinari dari luar ke dalam adalah Lapisan Seroa (Peritoneum Parietal), Lapisan Subserosa (Fascia Endopelvina), Lapisan Otot (M. Detrussor), Lapisan Submukosa, dan Lapisan Mukosa.

Bagian puncak (apex) dari kandung kemih menghadap ke bagian simpisis pubis, sedangkan bagian dasarnya berhadapan dengan dengan rektum pada pria dan vagina pada wanita. Bagian leher terdapat pada sisi bawah dimana vesika urinaria tampak menyempit ke arah uretra. Bagian Tubuh atau badan merupakan bagian terbesar pada kandung kemih. Pada kandung kemih terdapat bagian yang disebut Trigone, yaitu suatu wilayah yang membentuk struktur seperti segitiga pada dinding belakang kandung kemih. Trigone ini disusun oleh dua orifisia uretra (bukaan uretra tempat masuknya kateter) dan interlal uretral orifisia (bagian awal uretra).
Struktur Vesika Urinari (Kandung Kemih)
STRUKTUR KANDUNG KEMIH (VESIKA URINARIA)
Bagian leher kandung kemih disusun oleh otot detrusor yang membentuk uretral sphincter internal. Sphincter ini akan menutup saat proses ejakulasi untuk mencegah masuknya semen ke dalam kandung kemih. Sphincter ini dikontrol secara tidak sadar. Juga terdapat Sphincter uretral externa yang berfungsi untuk menahan urin sementara, spinchter ini dapat dikontrol secara sadar (voluntary).

Previous
Next Post »
0 Komentar