Arus Laut : Pengertian, Proses Terbentuk, Jenis

A. PENGERTIAN ARUS LAUT
Arus laut adalah pergerakan massa air di laut baik itu secara vertikal atau secara horizontal sehingga membentuk gerakan seimbang yang sangat luas di seluruh lautan di dunia. Ada beberapa penyebab dari muncul nya air laut, diantaranya adalah tiupan angin atau perbedaan densitas atau pergerakan dari gelombang laut.
Pengertian, Proses Terbentuk dan Jenis Arus Laut
ARUS LAUT
Secara umum ada dua faktor penyebab terjadinya arus laut, yaitu :
  • Faktor Internal, merupakan faktor yang berhubungan dengan air laut itu sendiri, contohnya adalah densitas air, gradien tekanan, serta gesekan lapisan air laut.
  • Faktor Eksternal, merupakan faktor yang berhubungan dengan komponen-komponen lait di sekitar lautan, contohnya adalah gerakan angin, tekanan udara, gaya gravitasi, gaya tarik matahari, bulan, dll.

B. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA ARUS LAUT
1. Bentuk Topografi (permukaan) dasar lautan dan pulau
Lautan yang dibatasi banyak massa daratan akan menghasilkan suatu sistem yang cenderung terbuka dan membuat aliran mengarah dalam suatu bentuk seperti melingkari daratan tersebut.

2. Perbedaan Densitas
Perbedaan densitas yang paling mudah diamati adalah pada laut dalam di daerah kutub selatan dan kutub utara yang mengalir ke daerah tropik.

3. Angin
Hembusan angin di permukaan akan membuat terjadinya gelombang (ombak) di lautan. Ternyata angin ini juga mengakibatkan terbentuknya gerakan air laut yang disebut arus. Arus laut yang terbentuk nantinya akan mengikuti kuatnya hembusan, jarak tempuh angin, arah angin, dan lamanya hembusan.

4. Kadar Garam di Air Laut
Kaar atau berat jenis air lau yang berbeda juga akan menyebabkan terbentuknya arus laut. Pada bagian permukaan, air yang berat jenisnya kecil akan mengalir ke arah air yang berat jenisnya besar. Sedangkan di bagian laut dalam, air yang memiliki berat jenis besar akan mengalir ke air yang berat jenisnya rendah.

5. Temperatur dan Cahaya Matahari
Perbedaan temperatur pada kedalam laut tidak lepas dari pengaruh sinar matahari. Panas dari sinar matahari ini dapat masuk ke laut hingga kedalaman 50 – 70 m. Nah struktur dari lapisan yang terkena sinar matahari dengan lapisan laut yang tidak terpengaruh oleh sinar matahari akan berbeda, oleh karena itu keadaan ini akan mempengaruhi arus lautnya.

C. PROSES TERBENTUKNYA ARUS LAUT
Air laut terbentuk karena proses pergerakan massa air dalam menuju keseimbangan yang melibatkan perpindahan secara horizontal dan vertikal massa air tersebut. Gerakan ini terbentuk dari resultan beberapa gaya yang bekerja dan beberapa faktor (telah dijelaskan di atas) yang mempengaruhinya.

Ketika angin berhembus di laut, energi ditransferkan dari angin ke permukaan. Semakin cepat angin bergerak, semakin besar pula gaya gesekan yang bekerja pada permukaan sehingga semakin besar pula arus laut yang terbentuk. Kemudian pada saat yang bersamaan terjadi perputaran bumi pada porosnya sehingga akan menimbulkan gaya coriolis, gaya ini akan membelokkan arus dibagian bumi utara ke kanan, dan dibagian bumi selatan ke kiri. Pada saat yang sama pula faktor faktor seperti gaya gravitasi, kadar garam, densitas, suhu, tekanan udara, sinar matahari, dll, ikut berperan dalam sistem pembentukan arus laut tersebut.

C. KLASIFIKASI MACAM-MACAM JENIS ARUS LAUT
1. Berdasarkan Penyebabnya
  • Arus Ekman, merupakan arus laut yang dipengaruhi oleh angin.
  • Arus Termohaline, merupakan arus yang dipengaruhi oleh densitas dan gravitasi.
  • Arus Pasut, merupakan arus yang dipengaruhi oleh pasut.
  • Arus Geostropik, merupakan arus laut yang dipengaruhi oleh gradien tekanan mendatar dan gaya corolis.
  • Arus Wind Driven Current, merupakan arus yang dipengaruhi oleh pola pergerakan angin dan terjadi di lapisan permukaan laut.
2. Berdasarkan Kedalamannya
  • Arus Permukaan, merupakan arus yang terjadi pada beberapa ratus meter dari permukaan, biasanya bergerak secara horizontal dengan dipengaruhi oleh pola persebaran angin.
  • Arus Dalam, Terjadi jauh di dasar laut, arah pergerakannya tidak dipengaruhi oleh pergerakan angin, biasanya membawa massa air dari daerah kutub ke daerah ekuator.
D. PERSEBARAN ARUS LAUT
1. Di Samudra Pasifik
a. Sebelah Utara Khatulistiwa
  • Arus khatulistiwa utara, adalah arus panas yang mengalir menuju ke arah barat (sejajar dengan garis khatulistiwa). Biasanya dipengaruhi oleh pergerakan angin pasat timur laut.
  • Arus Kuroshio, adalah arus lanjutan dari khatulistiwa utara. Arus ini merupakan arus yang mengalir dari kepulauan Filipina, menyusuri timur Jepang dan menuju ke pesisir Amerika Utara. Arus ini biasanya dipengaruhi oleh Angin Barat.
  • Arus Kalifornia, merupakan arus yang mengalir sepanjang pesisir barat Amerika utara ke arah selatan menuju ke khaltulistiwa (lanjuta arus Kuroshio).
  • Arus Orashio, merupakan arus dingin yang dipengaruhi pergerakan angin timur. Mengalir dari Selat Berin menuju ke timur Jepang, kemudian bertemu dengan arus Kuroshio. Daerah Pertemuan arus dingin Oyashio dengan arus panas Kuroshio merupakan tempat yang kaya dengan ikan. 
b. Sebelah Selat Khatulistiwa
  • Arus Khatulistiwa Selatan, merupakan arus panas yang alirannya menuju barat (sejajar dengan khatulistiwa) yang dipengaruhi oleh pergerakan angin pasat tenggara.
  • Arus Australia timur, merupakan arus lanjutan dari arus khatulistiwa selatan yang mengalir di sepanjang pesisir Australia timur dari arah utara ke selatan.
  • Arus Angin Barat, merupakan arus Australia timur yang mengalir menuju ke timur (sejajar dengan garis ekuator), arus ini dipengaruhi oleh pergerakan Angin Barat.
  • Arus Peru (Humbold), merupakan arus lanjutan dari Arus angin barat yang mengalir di barat Amerika Selatan menyusur ke arah Utara. Arus peru termasuk arus dingin.
2. Di Samudra Atlantin
a. Di Sebelah Utara Khatulistiwa
  • Arus Khatulistiwa Utara, yaitu arus yang alirannya menuju ke barat sejajar dengan garis khatlusitiwa. Alur ini dipengaruhi oleh pergerakan angin pasat timur laut.
  • Arus Teluk Gulfstream, merupakan arus yang menyimpang yang diperkuat dan di dorong oleh angin besar. Arus Teluk Glufstream merupakan arus panas.
  • Arus Tanah Hijau Timur (Arus Greenland Timur), merupakan arus yang mengalir dari laut kutub utara ke selatan menyusuri pantai timur greenland. Arus ini termasuk arus dingin yang pergerakannya dipengaruhi oleh angin Timur.
  • Arus Labrador, merupakan arus yang berasal dari kutub utara dan mengalir ke selatan menyusuri pantai timur labrador. Arus labrador termasuk arus dingin yang pergerakannya dipengaruhi oleh angin timur.
  • Arus Canari, merupakan arus menyimpang lanjutan sebagian arus telah yang mengubah arahnya akibat pengaruh daratan spanyol. Mengalir ke arah selatan menyusuri pantai barat Afrika Utara dan termasuk arus dingin.
b. Di Sebelah Selatan Khatulistiwa
  • Arus khatulistiwa selatan, merupakan arus yang mengalir menuju barat, sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus khatulistiwa selatan termasuk arus panas yang pergerakannya dipengaruhi oleh angin pasat tenggara.
  • Arus Brazilia merupakan arus yang mengalir ke arah selatan menyusuri pantai timur Amerika Selatan (khususnya brazil). Arus ini termasuk arus panas dan arus menyimpang.
  • Arus Angin Barat, merupakan arus lanjutan dari sebagian arus Brazil yang mengalir ke arah timur, sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus Angin Barat merupakan arus dingin yang pergerakannya dipengaruhi oleh angin barat.
  • Arus Benguela, merupakan arus lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke arah utara menyusuri pantai Afrika Selatan. Arus ini termasuk arus dingin yang akhirnya kembali menjadi Arus Khatulistiwa Selatan.
3. Di Samudra Hindia
a. Di Sebelah Utara Khatulistiwa
Arus pada sebelah utara khatulistiwa samudra hindia keadaanya berbeda dengan samudra lain. Arah arusnya tidak tetap dalam setahun, melainkan berganti arah dalam 6 bulan atau setengah tahun. Sesuai dengan gerakan angin musim yang menimbulkannya. Berikut adalah arus-arus yang terjadi :
  • Arus Musim Barat Daya, merupakan arus laut yang mengalir menuju ke timur, menyusuri laut arab. Arus ini termasuk arus panas yang gerakannya dipengaruhi oleh angin musim barat daya.
  • Arus Musim Timur, merupakan arus laut yang mengalir menuju barat menyusuri teluk benhuela. Arus ini termasuk arus panas dan pergerakannya dipengaruhi oleh dua angin yang saling memperkuat, yaitu angin pasat timur dan angin musim timur laut.
b. Di Sebelah Selatan Khatulistiwa
  • Arus Khatulistiwa Selatan, merupakan arus panas yang mengalir menuju barat sejajar dengan garis khatulistiwa, pergerakan arus ini dipengaruhi oleh angin pasat tenggara. Nantinya arus ini akan pecah menjadi dua (Arus Maskarena dan Arus Agulhas)
  • Arus Maskarena, merupakan lanjutan dari arus khatulistiwa selatan yang menuju ke pulau madagaskar timur.
  • Arus Agulhas, merupakan lanjutan dari arus khatulistiwa selatan yang menuju ke pulau madagaskar barat.
  • Arus Angin Barat, merupakan arus yang mengalir ke sebelah utara menyusuri pantai di benua Australia. Arus ini termasuk arus menyimpang dan arus dingin yang akhirnya kembali menjadi Arus Khatulistiwa selatan.  

Previous
Next Post »
0 Komentar