Alat Pemuas Kebutuhan Manusia : Barang dan Jasa

A. PENGERTIAN ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MANUSIA
Alat Pemuas Kebutuhan Manusia adalah semua benda baik berupa barang atau jasa yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang adalah semua jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang dapat dilihat dengan mata, contohnya, mobil, makanan, pakaian, meja, dll. Sedangkan jasa adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak bisa diraba, tidak bisa dilihat oleh mata, tetapi dapat dirasakan, misalnya jasa tukang pijat, jasa mengantarkan barang, dan jasa tukang pangkas, dll. Kebutuhan manusia sangat beranekaragam, oleh karena itu alat pemuas kebutuhan untuk setiap orang juga berbeda-beda.
Barang dan Jasa
ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MANUSIA
Sebelum membahas tentang Jenis-Jenis Alat Pemuas Kebutuhan Manusia, kita harus memahami definisi Kebutuhan Manusia terlebih dahulu, yaitu :
Kebutuhan manusia adalah hal yang harus atau ingin dipenuhi agar dapat bertahan hidup atau memperoleh kepusahan jiwa dan raga manusia. Manusia sebagai makhluk hidup memiliki kebutuhan yang beraneka ragam dan sifatnya tidak terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia akan melakukan upaya-upayanya dengan menggunakan alat pemuas kebutuhan, yaitu barang dan jasa. Tujuan dari pemenuhan kebutuhan ini adalah untuk mencapi kepuasan dan menjaga kelangsungan hidup.

B. KLASIFIKASI MACAM – MACAM JENIS ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MANUSIA
1. Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Berdasarkan Wujudnya
a. Benda Konret (Barang)
Benda konret adalah alat pemuas kebutuhan yang dapat diraba, dapat dilihat dan dapat dirasakan. Benda konkret adalah alat pemuas kebutuhan yang biasa disebut dengan barang. Benda konret ini dibuat melalui proses produksia oleh produsen. Contoh benda konkret antara lain, makanan, minuman, pakaian, mobil, sepeda, dll.

b. Benda Abstrak (Jasa)
Benda Abstrak adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak dapat diraba, tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan manfaatnya. Benda abstrak ini adalah benda pemuas kebutuhan yang sering kita sebut dengan “jasa”. Kebanyakan jasa merupakan pekerjaan, contohnya, jasa guru, jasa tukang pijat, cara pengantar barang, dll.

2. Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Berdasarkan Cara Memperolehnya
a. Benda Ekonomi
Benda ekonomi adalah alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas dan memerlukan pengorbanan untuk mendapatkannya. Pengorbanan yang dimaksud disini adalah uang. Nah beberapa contoh dari benda ekonomi antara lain, makanan, minuman, pakaian, jasa pengantar barang, dll.

b. Benda Bebas
Benda bebas adalah alat pemuas kebutuhan dari alam yang tidak perlu membuat suatu pengorbanan untuk mendapatkannya. Contoh benda bebas adalah udara, angin, sinar matahari, dll.

c. Benda Ilith
Benda ilith adalah alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya sangat berlebihan sehingga jika mencapai skala tertentu sering dianggap sebagai musibah atau bencana. Contohnya adalah air ketika banjir.

3. Alat Pemuas Kebutuhan Manuia Berdasarkan Tujuan Penggunannya
a. Benda Konsumsi
Barang konsumsi adalah alat pemuas kebutuhan yang dapat digunakan (dikonsumsi) secara langsung untuk mendapatkan manfaatnya tanpa harus melalui proses pengolahan lagi, contohnya buah-buahan.

b. Benda Produksi
Benda produksi adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak dapat digunakan secara langsung melainkan harus melalui proses produksi (pengolahan) sehingga menghasilkan benda lain yang kita inginkan. Contohnya adalah gandum yang dibuat menjadi roti.
Barang dan Jasa
ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MANUSIA
4. Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Berdasarkan Hubungannya dengan Alat Lain
a. Benda Pelengkap (Komplementer)
Benda pelengkap adalah benda yang manfaatnya dapat dinikmati secara maksimal apabila digunakan bersamaan dengan benda lainnya. Contohnya adalah minyak yang digunakan dengan kompor, jasa pengantar yang digunakan bersamaan dengan jasa penyedia makanan.

b. Benda Pengganti (Substitusi)
Benda pengganti adalah alat pemuas kebutuhan yang dapat menggantikan fungsi benda lainnya. Contohnya adalah angkot dan taksi, sagu dan jagung, teh dan kopi, dll.

5. Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Berdasarkan Proses Pembuatannya
a. Benda Mentah
Benda mentah adalah benda yang belum melalui proses pengolahan apapun atau merupakan bahan dasar untuk membuat benda lain. Contohnya hasil pertanian dan hasil hutan.

b. Benda Setengah Jadi
Benda setengah jadi adalah alat pemuas kebutuhan yang sudah mengalami beberapa proses pengolahan tertentu namun masih ada proses lain yang harus dilalui agar dapat dimanfaatkan secara maksimal. Contohnya Kain dari sutra yang masih perlu melalui proses lain untuk dijadikan pakaian.

c. Benda Jadi
Benda jadi adalah alat pemuas kebutuhan akhir yang telah melalui berbagai proses pengolahan sehingga sudah siap untuk digunakan. Contohnya pakaian.

6. Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifatnya
a. Benda Bergerak
Benda bergerak adalah benda yang dapat dibawa atau dipindahkan sehingga dijadikan jaminan dalam bentuk hutang atau kredit jangka pendek, contohnya motor, TV, Hp, dll.

b. Benda Tak Bergerak
Benda tak bergerak adalah benda yang tidak bisa dibawa atau dipindahkan sehingga sering dijadikan sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit atau pinjaman jangka panjang. Contohnya rumah, tanah, dll.

7. Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Berdasarkan Kualitasnya
a. Benda Superior
Benda superior adalah alat pemuas kebutuhan yang memiliki kualitas tinggi, kualitas dinilai dari harga dan keawetan benda tersebut. Contohnya mobil, pakaian mahal, dll.

b. Benda Inferior
Benda inferior adalah benda yang dinilai memiliki kualitas rendah. Contohnya adalah barang-barang bekas. 

Previous
Next Post »
0 Komentar