Kebutuhan Manusia : Pengertian, Macam Jenis dan Pemenuhannya

A. PENGERTIAN KEBUTUHAN MANUSIA
Kebutuhan manusia adalah hal yang harus atau ingin dipenuhi agar dapat bertahan hidup atau memperoleh kepusahan jiwa dan raga manusia. Manusia sebagai makhluk hidup memiliki kebutuhan yang beraneka ragam dan sifatnya tidak terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia akan melakukan upaya-upayanya dengan menggunakan alat pemuas kebutuhan, yaitu barang dan jasa. Tujuan dari pemenuhan kebutuhan ini adalah untuk mencapi kepuasan dan menjaga kelangsungan hidup.
Macam Macam Kebutuhan Manusia
KEBUTUHAN MANUSIA
B. KLASIFIKASI MACAM – MACAM JENIS KEBUTUHAN MANUSIA
Karena kebutuhan yang tidak terbatas dan beranekaragam jenisnya, maka kita perlu mengelompokkan kebutuhan tersebut menjadi beberapa kelompok sebagai berikut :
1. Kebutuhan Manusia Menurut Intensitasnya
a. Kebutuhan Mutlak
Kebutuhan Mutlak adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia tanpa terkecuali. Jika tidak terpenuhi, maka individu tersebut tidak dapat bertahan hidup. Contohnya adalah makan dan minum.

b. Kebutuhan Primer
Kebuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia yang ingin hidup layak. Tiga kebutuhan primer manusia adalah Sandang, Pangan dan papan.
  • Sandang adalah pakaian yang dipakai, fungsinya sebagai kebutuhan primer adalah untuk melindungi tubuh manusia dari ancaman lingkungan yang dapat membahayakan.
  • Pangan adalah kebutuhan primer utama, yaitu makanan yang layak. Kebutuhan makanan ini didapatkan dari pengolahan tumbuhan ataupun hewan.
  • Papan adalah tempat tinggal yang digunakan sebagai tempat perlindungan dan tempat beraktivitas.

c. Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder dapat berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, tergantung kepada keinginan dan kemampuannya masing-masing. Contoh kebutuhan sekunder adalah kendaraan, sepatu, Telepon, dll.

d. Kebutuhan Tersier
Kebutuhan Tersier adalah kebutuhan yang akan muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan Tersier ini merupakan barang-barang mewah atau barang yang berfungsi sebagai hiburan. Contoh kebutuhan sekunder adalah topi, sofa, televisi, dll.

2. Kebutuhan Manusia Menurut Waktu Keperluannya
a. Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan harus segera terpenuhi dan tidak dapat ditunda untuk waktu yang lama. Contohnya adalah makanan bagi orang kelaparan dan obat bagi orang sakit. 

b. Kebutuhan Mendesak
Kebutuhan mendesak merupakan kebutuhan yang sanagt kritis (tiba-tiba) dan dapat mengancam nyawa jika tidak terpenuhi. Contoh kebutuhan mendesak adalah darah untuk orang kecelakaab berat, dan bantuan bagi yang terkena musibah.

c. Kebutuhan yang Akan Datang
Kebutuhan masa yang akan datang adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan di kemudian hari dan dapat ditunda karena sifatnya tidak mendesak, tetapi upayanya harus dilakukan mulai sekarang. Contohnya Asuransi.

3. Kebuthan Manusia Berdasarkan Sifatnya
a. Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang dibutuhkan oleh badan (tubuh) kita agar dapat memperoleh kepuasan raga. Contohnya adalah tidur, olahraga, pakaian, dll.

b. Kebutuhan Rohani
Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang dibutuhkan oleh jiwa (batin) untuk mendapatkan kebahagiaan. Contohnya hiburan, ibadah, bersosialisasi, dll.

4. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjeknya
a. Kebutuhan Individual
Kebutuhan Individual adalah kebutuhan yang dibutuhkan oleh individu tertentu dan setiap individu berbeda dengan individu lainnya. Contohnya kebutuhan presiden berbeda degan kebutuhan dokter.

b. Kebutuhan Kolektif
Kebutuhan Kolektif adalah kebutuhan bersama dalam lingkungan masyarakat yang dengan pemenuhannya dapat dicapai kepuasan bersama. Contohnya pembangunan rumah sakit, jalan, dll.

5. Kebutuhan Menurut Sosio-Budaya lingkungannya
a. Kebutuhan Sosial
Kebutuhan yang berhubungan dengan kedudukan atau status manusia tersebut dalam masyarakat. Contohnya ingin menjadi kepala daerah. 

b. Kebutuhan Psikologis
Kebutuhan psikologis adalah kebutuhan yang berhubungan dengan keadaan batin manusia tersebut terkait dengan lingkungannya. Contohnya kebutuhan akan rasa aman dan kebebasan.

C. ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MANUSIA
Ada dua alat yang dapat memenuhi kebutuhan manusia, yaitu barang dan jasa.
Barang adalah benda-benda berwujud yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang diproduksi oleh produsen, dijual oleh distributor (pedagang) dan dibeli oleh konsumen (masyarakat).

Jasa adalah sesuatu yang tidak berwujud secara fisik tetapi dapat memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Biasanya jasa merupakan pekerjaan yang dapat memenuhi kebutuhan orang yang menggunakan jasa tersebut. Contohnya jasa mencuci pakaian, jasa taksi, jasa mengantar barang, dll.
Pengertian dan Pemenuhan Kebutuhan Manusia
KEBUTUHAN MANUSIA
D. UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN MANUSIA
Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk sosial dan ekonomi. Makhluk sosial adalah makhluk yang membutuhkan orang lain (tidak bisa hidup sendiri), sedangkan makhluk ekonomi adalah makhluk yang selalu melakukan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya kita menggunakan Motif Ekonomi dan Prinsip Ekonomi.

1. Motif Ekonomi
Motif ekonomi adalah dorongan atau alasan untuk memanfaatkan sumber daya alam sebagai pemenuhan kebutuhan hidup. Motif ekonomi terdiri dari :
  • Motif memperoleh keuntungan (laba)
  • Motif memperoleh penghargaan
  • Motif membantu sesama
  • Motif memperoleh kedudukan
  • Motif menjamin masa depan

2. Prinsip Ekonomi
Prinsip ekonomi adalah usaha atau pertimbangan yang disertai dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Prinsip ekonomi menjadi landasan dalam bertindak dan mengambil keputusan agar mencapai hasil optimal. Manfaat pripsip ekonomi dapat ditinjau dari 3 kepentingan :

Prinsip ekonomi bagi pembeli (konsumen), dengan uang yang miliki, dia dapat mencapai kepuasan yang maksimal ketika membeli barang atau menggunakan jasa yang dibutuhkannya.
Prinsip eskonomi bagi penjual (Distributor), membeli barang dengan mutu terbaik dengan harga serendah-rendahnya untuk dijual kembali dengan harga tinggi melalui pelayanan yang sebaik-baiknya.

Prinsip ekonomi bagi produsen, memproduksi barang berkualitas baik yang diminati di pasaran dengan biaya sekecil mungkin dan menjualnya sebanayk mungkin dengan harga yang paling menguntungkan.

E. FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN MANUSIA
1. Keadaan Alam
Planet yang kita tempati ini disebut bumi. Manusia hidup dan tersebar di seluruh penjuru bumi dimana setiap wilayah memiliki karakteristiknya masing-masing. Keadaan alam di setiap daerah juga berbeda-beda. Karena keadaan alam sangat mempengaruhi aktivitas manusia dalam segala bidang, maka manusia perlu menyesuaikan kebutuhan dengan keadaan alam di daerahnya, dengan demikian tidak dapat dipungkiri bahwa keadaan alam sangat mempengaruhi kebutuhan manusia. Contohnya kebutuhan orang yang berada di daerah dingin (memakai pakaian tebal) berbeda dengan aorang yang tinggal di daerah tropis (cukup menggunakan pakaian tipis).

2. Adat Istiadat
Adat istiadat adalah perilaku buaya dan aturan-aturan yang telah berusaha diterapkan dalam lingkungan masyarakat. Adat istiadat merupakan ciri khas bagi suatu daerah yang telah ada sejak jaman dahulu dan terus dilakukan serta dijaga dengan baik. Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa mengabaikan adat istiadat yang berlaku di daerahnya. Perbedaan adat istiadat juga mempengaruhi kebutuhan manusia, contohnya pakaian orang yang tinggal di Indonesia lebih tertutup dengan orang yang tinggal di Eropa.

3. Agama dan Kepercayaan
Ada banyak kepercayaan dan agama yang ada saat ini, diantaranya Islam, Kristen, Yahudi, Hindu, dll. Setiap penganut agama tersebut harus patuh kepada perintah dan larangan dalam agamanya. Perbedaan agama antar orang akan membuat terjadinya perbedaan kebutuhan. Contohnya wanita muslim membutuhkan hijab, sedangkan wanita Yahudi tidak membutuhkannya.

4. Peradaban
Perkembangan manusia telah dan masih berlangsung sejak lama. Seiring dengan perkembangan tersebut terjadi banyak perubahan dalam berbagai bidang. Perubahan yang paling signifikan di zaman kita atau yang sering disebut dengan zaman modern mungkin adalah perkembangan yang sangat pesat dari teknologi. Adanya teknologi membuat kebutuhan mulai berubah, contohnya radio merupakan pusat informasi, tetapi sekarang televisi dan internetlah yang menjadi pusatnya.

5. Pekerjaan, pergaulan, usia, dll.

Previous
Next Post »
0 Komentar