Globalisasi : Pengertian, Penyebab, Dampak

A. PENGERTIAN GLOBALISASI
Globalisasi merupak kata serapan yang diserap dari Bahasa Inggris. Dalam Bahasa Inggris Globalisasi di sebut dengan globalization. Kata globalization tersebut bersala dari kata global. Kata global tersebut ditambahkan dengan imbuhan lization. Global berarti universal atau menyeluruh. Imbuhan lization dapat dipahami dengan makna sebagai proses. Jadi jika dilihat dari asal mula katanya, globalisasi secara sederhana dapat diartikan sebagai proses yang terjadi secara universal. Dalam penjelasan yang lebih detail maka globalisasi dapat dijelas sebagai proses penyebaran unsur-unsur baru baik berupa informasi, pemikiran, gaya hidup, maupun teknologi yang terjadi secara universal atau mendunia.

Dalam beberapa penjelasan globalisasi dapat diartikan sebagai proses pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, ide dan informasi menjadi standar diseluruh dunia. Umumnya globalisasi berkaitan dengan perubahan unuiversal pada perekonomian, perindustrian, gaya hidup dan bebagai aspek kehidupan.
Pengertian Globalisasi, Penyebab Globalisasi, Dampak Globalisasi
GLOBALISASI
Pengertian globalisasi menurut para ahli
Pengertian globalisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:
1. Achmad Suparman
Globasai adalah sebuah proses menjadikan suatu benda atu perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

2. Albrow
Globalisasi adalah keseluruhan proses dimana manusia di bumi ini (dimasukkan) diinkoporasikan kedalam masyarakat dunia tunggal., masyarakat global. Oleh karena itu, proses ini bersifat majemuk sehingga kita pun memandang globalisasi mengandung unsur dari proses, individu/manusia yang heterogen tetapi memiliki kebutuhan yang sama.

3. Dr. Nayef R.F Al-Rodhan
Globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus dan konsekuen si dari integrase transasional kegiatan manusia dan non-manusia.

4. Emanuel Ritcher
Globalisasi adalah jaringan kerja global secar bersamaan menyatuka masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dalan terisoli kedalam ketergantungan dan persatuan dunia.

5. Lodge
Globalisasi adalah suatu pross yang menempatkan masyarakat dunia dapat menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan mereka, baik dalam aspek budaya, ekonomi, politik, teknologi maupun lingkungan.

6. M. Waters
Globalisasi adalah sebuah proses social dimana halangan-halangan bersifat geografis pada tatanan social budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadar bahwa mereka semakin dekat satu sama lain.

6. Martin Albown
Globalisasi mnyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung kedalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

7. Selo sumarjan
Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sosistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia. Tujuan globalisasi adalah untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu minsalnya ternentuknya PBB dan OKI.

B. PENYEBAB TERJADINYA GLOBALISASI
Terjadi globalisasi secara mendunia tentu memiliki beberapa penyebab, hal tersebut juga terjadi pada globalisasi. Globalisasi terjadi karena beberapa faktor. Faktor penyebab terjadinya globalisasi adalah sebagai berikut:

1. Semakin mudahnya melakukan transaksi ekonomi
Beberapa contoh transaksi ekonomi yang dapat dilakukan dengan mudah seperti transaksi ekonomi dan transaksi jual beli. Transaksi tersebut dapat dilakukan secara lintas wilayah bahkan lintas negara. Contohnya seperti perdangan online. Pada perdagangan ini individu di sebuah negara dapat melakukan transaksi jual beli dengan individu lain di negara yang berbeda. Contoh lain seperti akses perbankan yang dapat dapat diakses tanpa harus langsung ke bank. Dimana warga negara dapat berkirim uang uang atau melakukan transaksi tanpa harus ketempatnya. Hal ini tentu saja disebabkan oleh ada perkembangan pada bidang komunikasi dan informatika, hal ini juga dipengaruhi oleh kemajuan teknologi.  

2. Mudahnya berkirim barang dan jasa dalam jaringan lintas wilayah.
Contoh seperti barang dari suatu negara dapat dikirim ke negara lain. Dengan adanya kemudahan ini barang dari luar negeri dapat dengan mudah dapat dipakai oleh masyarakat. Hal ini menyebabkan suatu negara mngikuti kebudayaan negara lain. Misalnya seperti pakaian yang berasal dari Korea yang dengan mudah dapat dipasarkan di Indonesia. Dalam hal ini telah terjadi penggabungan kebudayaan Indonesia dan Korea (asimilasi). Selain itu juga dapat menyebabkan pergeseran kebudayaan dari segi berpakaian. Kemudian begitu pula yang terjadi di negara lain sehingga gaya pakaian tersebut mendunia.

3. Berkurangnya konflik antar negara
Konflik antar negara yang saat ini mulai berkurang ditambah dengan kesadaran perlunya menjalin hubungan internasional, menjadi penyebab terjadinya globalisasi. Hal ini karena kerja sama di bidang ekonomi antar negara semakin mudah dilakukan.

4. Sumber daya alam yang semakin berkurang
Seiring dengan berlajannya waktu dapat dilihat bahwa ketersediaan sumber daya alam semakin menipis. Hal ini dapat dilihat jika dikaji dari sudut pandang investasi. Contohnya emas dan minyak bumi. Freepot merupakan salah satu sumber daya alam logam mulia menjadi dasar masuknya investoe dari luar negeri ke Indonesia khususnya papua sehingga terjadi petukaran budaya yang menyebabkan terjadinya globalisasi.

5. Adanya pertukaran visa dan pertukaran siswa dari dan ke berbagai negara meningkatkan kemudahan terjadinya globalisasi. Karena didalamnya terjadi pertukaran budaya.

6. Konflik dan peperangan yang mengundang perhatian berbagai negara juga merupakan salah faktor penyebab terjadinya globalisasi.

7. Kemajuan teknologui informasi dan komunikasi yang berperan dalam melakukan berbagai macam transaksi antar negara.

8. Kemajuan ilmu pengetahuan pada teknologi transfortasi.

9. Adanya kerjasama ekonomi antar negara.

Globalisasi juga mengalami peningkatan. Penyebab meningkatnya globalisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut:
  • Adanya perubahan politik yang terjadi secara mendunia.
  • Adanya aliran informasi yang luas dan cepat.
  • Pesatnya perkembangan perusahaan-perusahaan transnasional
Pengertian, Penyebab dan Dampak Globalisasi
GLOBALISASI
C. DAMPAK GLOBALISASI
Terjadinya globalisasi membawa dampak bagi kehidupan secara universal. Globalisasi memiliki dua jenis dampak, yaitu dampak posistif dan dampak negatifnya. Dampak terjadinya globalisasi adalah sebagai berikut:

1. Dampak Positif
Dampak positif terjadinya globalisasi adalah sebagai berikut:
  • Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi
  • Kemudahan dalam memperoleh kebutuhan
  • Memudahkan perkembangan ilmu pengetahuan
  • Mudahnya memperoleh informasi
  • Menumbuhkan sikap cosmopolitan dan toleran
  • Memacu diri untuk dapat meningkatkan kualitas
  • Mudah melakukan komunikasi
  • Cepat dan mudah dalam melakukan perjalanan
  • Terjalinnya hubungan internasional yang baik
  • Terbukanya individu terhadap kemajuan dunia
  • Mudah melakukan transaksi
  • Meningkatkan dan mengembangkan hubungan dalam sector ekonomi

2. Dampak Negatif
Dampak negatif terjadinya globalisasi adalag sebagai berikut:
  • Meningkatkan terjadinya kriminalitas dan kejahatan.
  • Masuknya paham-paham yang menyesatkan yang dapat menimbulkan konflik pada masyarakat atau negara.
  • Masyarakat cenderung bersifat konsumtif bukan produktif.
  • Mudah terpengaruh oleh hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan barat.
  • Banyaknya informasi yang tidak tersaring.
  • Membuat individu berfikiran sempit dan cenderung menutup diri.
  • Pemborosan terjadi akibat pengeluaran besar karena ingin meniru perilaku yang tidak sesuai.
  • Menjadikan masyarakat bersifat imitatif.
  • Munculnya sikap individualism.
  • Terjadinya urbanisasi
  • Banyaknya warga negara yang berganti kewarganeraan karena tidak puas dengan keadaan negaranya.
  • Mengurangi semangat nasionalisme karena bertambahnya pengetahuan masyarakata tentang negara lain yang memunculkan keirian dan mebanding-bandingkan negaranya dengan negara lain.
  • Terganggunya kebudayaan lokal, karena terkikisnya kebudayaan.
  • Masuknya kebudayaan yang tidak sesuai dapat merusak budaya yang ada dan merusak moral warga negara.
  • Terjadinya kesenjangan sosial.

Previous
Next Post »