Wirausaha dan Wirausahawan : Pengertian, Ciri, Sikap


A. PENGERTIAN WIRAUSAHA
Wirausaha bukan lagi hal yang untuk dikenali oleh masyarakat umum. Hal ini karena wirausaha meruapakan kata yang sering diucapkan dan didengarkan dalam suatu pembicaraan. Secara etimologi wirausaha berasal dari dua kata yaitu wira dan usaha. Wira dapat diartikan sebagai seorang teladan, pahlawan, manussia unggul dan gagah berani. Sedangkan usaha dapat diartikan sebagai suatu perbuatan atau pekerjaan. Sehingga wirausaha dapat diartikan sebagai seorang manusia unggul yang melakukan suatu perbuatan. Namun jika dijelaskan wirausaha merupakan sautu kegiatan manusia yang berbuat sesuatu dengan berani menagmbil resiko dan memanfaatkan peluang.

Secara terminologis pengertian wirausaha dikemukakan oleh beberapa ahli. Pengertian wirausaha secara terminologis adalah sebagai berikut:
1. Stephen P. Robbins dan Mary Coulter
Wirausaha adalah proses di mana seseorang atau sekelompok orang menggunakan usaha dan sarana yang terorganisasi untuk mengejar peluang guna menciptakan nilai dan bertumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui inovasi dan keunikan.

2. Josseph C. Schumpeter
Josseph C. Schumpeter menyatakan bahwa seorang wirausaha adalah orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar yang baru dan mengambil keuntungan-keuntungan atas perubahan-perubahan tersebut. 

Berdasarkan beberapa penjelasan dan pendapat para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa wirausaha merupakan sebuah pemikiran yang inovatif, kreatif, yang dijalankan dengan memperhitungkan resiko-resiko yang akan dihadapinya dalam persaingan bisnis di sebuah industri yang akan dimasukinya. 

B. PENGERTIAN WIRAUSAHAWAN
Wirausaha merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan peluang dengan menggunakan pemikiran kreatif dan perhitungan resiko yang terjadi. Sedangkan wirausahawan merupakan kata wirausaha yang dtambahkan dengan wan. Imbuhan wan ini menunjukkan orang yang melakukan suatu kata yang diimbuhinya. Sehingtga wirausahawan dapat diartikan sebagai orang yang melakukan wirausaha. Salah satu contoh wirausahawan adalah seorang pengusaha. Dilihat berdasarkan pengertian wirausahanya, wirausahawan dapat diartikan sebagai adalah individu atau sekumpulan orang yang mampu menjawab tantangan-tantangan dan memanfaatkan peluang- peluang yang ada. Dimana kegiatan tersebut dilakukannya dengan memanfaatkan cara berfikir kreatif dan inovatif. 

C. HAL HAL YANG PERLU DIMILIKI WIRAUSAHAWAN
Secara umum sebenarnya dapat dikatakan bahwa setiap orang berhak dan bisa menjadi seorang pengusaha. Akan tetapi untuk menjadi seorang pengusaha diperlukan beberapa hal. Hal inilah yang nantinya akan membantu seorang wirausahawan dapat menjalankan usaha dengan lancar. Beberapa sumber menyatakan bahwa terdapat 4 hal yang harus dimiliki wirausahawan untuk menjalankan usahanya. Hal-hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Proses ide, inovasi, dan kreasi 
Hal utama yang perlu dimiliki seorang wirausahawan adalah ide. Ide ini digunakan agar dapat membuat suatu inovasi atau kreasi baru dengan cara menambahkan nilainya. Sesuatu yang telah dikreasikan dan mengalami pertambahan nilai tidak cukup jika hanyaa diakui oleh wirausahawannya saja. Akan tetapi pertambahan nilai juga harus diakui pasar yang akan menggunakan hasil inovasi atau kreasi yang telah diciptakan. Untuk membentuk suatu kreasi dibutuhkan inovasi dan proses. Dalam proses inilah ide sangat dibutuhkan. 

2. Komitmen yang tinggi 
Wirausahawan haarus memiliki komitmen yang tinggi dalam berwirausaha. Komitmen ini dapat ditunjukkan melalui fokus dan perhatian yang yang diberikan dalam usaha. Karena, semakin besar fokus dan perhatian yang diberikan dalam usaha, maka akan semakin mendukung proses inovasi dan kreasi yang akan timbul dalam kewirausahaan.

3. Memperkirakan resiko 
Seorang yang berjiwa wirausaha harus mampu memperkirakan resiko yang didapatkan dalam melakukan wirausaha. Resiko ini harus siap dihapai bagaimanapun bentuknya. Resiko yang mukin terjadi dalam berwirausaha  yaitu resiko keuangan, fisik dan resiko sosial. 

4. Memperoleh reward 
Dalam berwirausaha reward yang paling penting adalah reward yang berupa indepeendensi dalam bentuk suatu kebebasan yang kemudiaan akan diikuti dengan kepuasaan pribadi. Terdapat reward lain yaitu berupa reward materi. Reward ini sering dianggap sebagai suatu hal yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengukur kesuksesan seorang wirausaha dalam melakukan usahanya.

D. CIRI – CIRI WIRAUSAHA
Ciri-ciri wirausaha adalah sebagai berikut:
  • Memiliki sikap percaya diri
  • Berani mengambil resiko
  • Memiliki ssifat jujur dan tekun
  • Berorientasi pada masa depan
  • Memiliki sikap kepemimpinan atau leadership.
  • Berorientasi pada tugas dan hasil
  • Bersifat orisinil.


E. KEKURANGAN DAN KELEBIHAN WIRAUSAHA
Jika dijalankan oleh seorang wirasuahawan, wirausaha memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangan dan kelabihan dalam berwirausaha tersebut dapat dijelaskan sebagai berikurt:
1, Kelebihan dalam berwirausaha
Kelebihan-kelebihan dalam berwirausaha adalah sebagai berikut:
  • Dengan melakukan wirausaha cita-cita seorang wirausahawan dapat terwujud.
  • Memiliki kesempatan untuk melakukan dan menciptakan suatu perubahan.
  • Dapat dimanfaatkaan untuk mencapai potensi secara penuh.
  • Digunakan untuk menuai keuntungan yang besar.
  • Mendapatkan pengakuanmasyarakat atas usaha yang dilakukan dan memberikan konstribusinya terhadap masyarakat.


2. Kekurangan dalam berwirausaha
Dalam melakukan suatu wirausaha terdapat kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut adalah sebagai berikut:
  • Wirausahawan memiliki pendapatan yang tidak pasti.
  • Dalam berwirausaha resiko yang harus diperkirakan oleh seorang wirausahawaan adalah kehilangan investasinya karena adanya tingkat kegagalan.
  • Seorang wirausahawan harus memiliki kualitas hidup yang lebih rendah hingga bisnis atau usaha dapat berdiri.
  • Dalam berwirausaha seorang wirausahawan harus mampu mengambil keputusan mengenai hal diluar bidangnya. Artinya seorang wirasahawan harus memiliki tanggung jawab yang kompleks.
  • Kerugian atau kegagalan dalam berwirausaha akan meminbulkan keputusasaan, sehingga untuk menghindarinya dibutuhkan dedikasi, keuletan dan disiplin yang tinggi.


F. FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WIRAUSAHA
Faktor yang termasuk dalam pembahasan wirausaha adalah faktor keberhasilan wirausaha dan faktor kegagalan wirausaha.
1, Faktor Keberhasilan
Keberhasilaan dalam berwirausaha dipengaruhi oleh beberapa faktor. faktor keberhasilan wira usaha adalah sebagai berikut:
a. Wirausahawan harus memiliki sikap yang jujur dan berani mengambil resiko.
Wirausahawan perlu memiliki pandangan yang sinergetik untuk mendapatkan massa depan yang sesuai dengan harapan. Pandangan sinergetik ini terkait dengan proses dalam pembentukan suatu inovasi dan kreasi. Yang termasuk langkash sinergetik misanya:
  • Langkah seperti apakah yang harus diambil dimasa depan?
  • Produk apa yang harus diluncurkan?
  • Operasional perusahaan harus dikonsolidasi atau expansi?
  • Dan lain-lain

b. Wirausahawan baru dapat dikatakan sebagai wirausahawan yang baik jika memiliki sikap leadership. 
Adanya Sikap leadership ini seorang wirausaha diharapkan mampu memberikan panduan dan inspirasi bagi para karyawannya.  Hal ini berarti bahwa seorang wirausahawan harus memiliki njiwa kepemimpinan yang baik.

2. Faktor Kegagalan
Keberhasilan dan kegagalan merupakan yang mukin terjadi dalam berwirausaha. Kegagalan dan kerugian merupakan suatu resiko yang harus diambil dan dapat diperkirakan oleh seorang wirausahawan. Sehingga dapat menyiapkan strategi yang akan diambil jika terjadi kegagalan dimasa yang akan datang. Oleh karena wirausahawan harus mengeetahui tanda-tanda kegagalan akan muncul. Akan tetapi kegagalan juga memiliki faktor seperti keberhasilan. Faktor kegagalan dalam berwirausaha adalah sebagai berikut:
  • Kurang memiliki kemampuan manajerial dalam menjalan suatu wirausaha.
  • Kurangnya pengalaman dalam menjalankan bisnis, sehingga perencanaan pelaksanaan bisnisnya tidak tersusun secara matang.
  • Sikap lalai dan tidak berkomitmen dalam berwirausaha.
  • Kurangnya kerja keras dan sikap bersungguh-sungguh.
  • Kurang memiliki sistem pengendalian dalam berwirausaha
  • Tidak memiliki kebijakan harga yang baik dan mudah terpengaruh.
  • Dalam perekrutan orang-orang yang bekerja dalam bidang usahanya tidak merekrut karwayawan yang memiliki kualitas.
  • Kurangnya perkiraan terhadap resiko yang akan dihadapi sehingga tidak menyiapkan strategi untuk menangani masalah yang muncul di masa yang akan datang.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Wirausaha dan Wirausahawan : Pengertian, Ciri, Sikap"

  1. pengusaha di indonesia masih sedikit, konon katanya suatu bangsa akan maju bila di negara tersebut banyak pengusahanya yang sukses

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.